Goa Seplawan




Berada di desa donorejo, kecamatan kaligesing sekitar 40km ke timur dari pusat kota.  Gua Seplawan adalah satu-satunya gua di Purworejo yang sudah dijadikan obyek wisata.  Gua Seplawan itu merupakan satu situs yang sangat bernilai tinggi.  Sebab, gua yang ditemukan pada 15 Agustus 1979 itu di salah satu sudut gua ditemukan sebuah arca emas 22 karat setinggi 9 cm degnan berat 1,5kg.  Arca itu berupa patung sepasang pria dan wanita yang sedang bergandengan tangan.  Para ahli arkeolog meyakini bahwa patung itu adalah Dewa Siwa dan Dewi Parwati.  Arca itu merupakan peninggalan pada zaman Hindu Siwa.  Kini arca tersebut disimpan di Museum Nasional.  Sebagai gantinya, Pemerintah membangun replika arca didepan mulut gua, replika itu ukurannya lebih besar dari yang sebenarnya sehingga menyerupai monumen.  Panjang dari goa seplawan kurang lebih 700 m (untuk jalur wisatawan) dan masih juga terdapat cabang-cabang dengan jalur ekstrim yang hanya bisa dimasuki oleh orang yang benar-benar ahli dalam bidang penelusuran goa.  Dengan hamparan stalagtit dan stalagmit yang indah dan juga aliran sungai bawah tanah, gua ini terkesan tenang dan damai ketika kita berda didalamnya.

0 komentar: